Masih #DiRumahSaja, gabut? bingung mau ngapain? Mimin punya solusi buat kalian yang saat ini gabut dan bingung mau ngapain. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan rekomendasi beberapa short film yang bersumber dari YouTube  untuk mengisi waktu luang kalian. Semoga dari rekomendasi short film ini dapat memberikan hiburan buat kalian, menginspirasi dan makin betah #DiRumahSaja.


1.      Tilik (2018)


Sinopsis: Dian adalah seorang kembang desa. Banyak lelaki yang mendekatinya hingga datang melamarnya. Warga desa bergunjing tentang status lajang Dian. Dalam satu kesempatan perjalanan naik truk dalam rangka menjenguk (tilik) Bu Lurah di Rumah sakit di kota, beberapa warga berdebat tentang siapa yang bakal mempersunting Dian. Perjalanan “tilik” menjadi penuh gosip dan petualangan bagi para warga desa yang naik truk tersebut.

 

Film Tilik ini adalah film yang digarab oleh Ravacana Films bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY pada tahun 2018. Film Tilik ini telah menyabet beberapa penggaraan diantaranya; Winner Piala Maya 2018 - Film Pendek Terpilih, Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival 2018 dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Klik disini untuk menonton Film Tilik (2018)

2.      Anak Lanang (2017)


Sinopsis: Film ini menceritakan Empat orang anak Sekolah Dasar membahas kehidupan sehari-hari mereka diatas becak. Hari ini ternyata hari ibu.

Film Anak Lanang ini adalah film yang digarab oleh Ravacana Films. Film Anak Lanang ini juga berhasil menyabet beberapa penghargaan diantaranya: Winner Panasonic Young Filmmaker 2018 - Honorable Mention, Winner Indonesian Film Festival Australia 2019 - Outstanding Achievement dan Winner Indonesian Short Film Festival SCTV 2019 - Best Film. 

Klik disini untuk menonton Anak Lanang (2017)

3.  Singsot (2016)


Sinopsis: Seorang anak kecil yang menginap di rumah Kakek dan Neneknya mengalami kejadian-kejadian menyeramkan setelah mendengar cerita mitos yang diceritakan oleh neneknya. Namun dibalik kejadian-kejadian tersebut ternyata ada sesuatu lain yang tidak disadari. Dari semua kejadian yang terjadi, akhirnya membuat si anak tidak ingin bersiul lagi.

Film Singsot ini adalah film yang digarab oleh Ravacana Films. Film ini sangat cocok buat kalian yang menyukai genre film Horor. Film Singsot ini berhasil menyabet beberapa penghargaan diantaranya; Winner Fiagra Horor Film Festival 2016, Film Terbaik Winner Taman Film Festival 2017 dan Film Horor Terbaik Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival 2016.

Klik disini untuk menonton Singsot (2016)

4.   Lemantun (2014)

Sinopsis: Di pertemuan keluarga kali ini, Ibu membagikan warisan kepada lima orang anaknya. Warisan tersebut bukan berupa tanah, bukan berupa uang, tapi berupa lemari. Tri sebagai anak tengah, tidak tahu harus membawa pulang lemari itu ke mana.

Film Lemantun ini merupakan film Tugas Karya Akhir S-1 di FFTV Institut Kesenian Jakarta tahun 2014. Cerita film Lemantun terinspirasi dari kisah asli keluarga Wregas Bhanuteja. Di saat malam Lebaran 2011, Eyang Putri dari Wregas membagikan warisan lemari kepada delapan orang anaknya. Lemari tersebut berjumlah delpan buah, yang dibeli satu per satu ketika setiap anak lahir. Film ini juga berkolaborasi dengan musisi Gardika Gigih yang telah membuat original scoring dengan judul 'Tri' dan 'Lagu Ibu'.

 Film Lemantun ini juga berhasil menyabet beberapa penghargaan dinataranya; Film Pendek Terbaik XXI Short Film Festival 2015, Film Pendek Terbaik Apresiasi Film Indonesia 2015 dan Film Pendek Terbaik Piala Maya 2015.

Klik disini untuk menonton Lemantun (2014)

5.  Mia Mera (2019)


Sinopsis: Mia Mera adalah sebuah Short Film yang menceritakan Seorang pemuda yang tidak peduli terhadap lingkungan , dan pada suatu hari dia mendapatkan mimpi / gambaran dimasa depan jikalau polusi udara yang makin parah , ditambah hilangnya pohon dari dunia memperparah polusi.
Short Film ini diproduksi oleh Kertas Lipat Films A.K.A JMBD Studio, Pada september 2019 lalu. Film ini telah memenangkan beberapa penghargaan diantaranya: WINNER 1st SFECO FEST (2019), Official Selection Lift Session (2019) dan Official Selection Firsttime Filmmaker Session (2019).

Klik disini untuk menonton Mia Mera (2019)

    Itulah beberapa rekomendasi film dari saya. Selamat menonton. Jika ada kritik dan saran bisa disampaikan melalui kolom komentar. Jangan lupa ikuti blog ini dengan klik tombol ikuti biar nggak ketinggalan notifikasi update.